Home » , » Ajeng Anindya Prasalita: Lintasan Keseimbangan

Ajeng Anindya Prasalita: Lintasan Keseimbangan

Written By Harian Semarang on Rabu, 16 November 2011 | 04.08

Ajeng Anindya Prasalita (tengah)
Cantik juga gesit. Ya, dialah atlet sepaturoda andalan Semarang. Kisah mahasiswi arsitektur Undip yang juga staf Dinpora Jateng ini di lintasan sepatu roda, sungguh tak biasa.

BAGI seorang atlet, bisa menyabet medali sejak awal terjun di cabang olahraga yang ditekuninya adalah hal yang luar biasa. Apalagi dia mampu menggondol medali itu di ajang nasional seperti yang dilakukan Ajeng Anindya Prasalita. Atlet sepaturoda ini sudah meraih medali di PON 2000 Jatim, saat ia masih kelas IV SD.

Cewek kelahiran Semarang, 12 Juli 1990 ini mengaku mengenal olahraga sepaturoda dari sang kakak, Arya Perdana yang juga sejak kecil menekuni olahraga satu ini dan kemudian bergabung dengan klub Eagle. Namun kakaknya tidak meneruskan lagi sebagai atlet sepaturoda, lantaran saat itu tidak bisa membagi waktunya dengan sekolah.

“Kalau saya memang dari dulu sudah senang dan niat di sepaturoda, ya nggak ada masalah. Pintar-pintarnya saya membagi waktu antara urusan di lintasan dengan kuliah dan kerja sebagai staf Dinpora Jateng. Keseimbangan itu mesti saya jaga,” ujarnya. Menjaga keseimbangan di dalam dan di luar lintasan, ibarat lintasan keseimbangan itu sendiri.

Dalam dua perhelatan PON 2004 di Sumsel dan PON 2008 di Kaltim, gadis berpostur 164 cm/54 kg ini selalu menyumbangkan emas untuk kontingen Jateng. Atas prestasinya di ajang PON tersebut, ia memperoleh penghargaan diangkat sebagai pegawai negeri sipil (PNS), dari pemerintah provinsi Jateng.

Ajeng juga menyumbangkan emas bagi Kota Semarang saat berlaga di ajang Porprov Solo 2009, dengan empat emas. Bahkan pada penyelenggaraan Porprov empat tahun sebelumnya di Kota Semarang, ia menyumbangkan emas terbanyak juga dengan jumlah emas yang sama. Pada Piala Bupati Sidoarjo VIII, Februari lalu, ia juga menyabet tiga emas dan satu perak.

Mahasiswi Semester IV Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) ini berharap, cabang sepaturoda tetap dilombakan dalam ajang SEA Games dan Asian Games. Karena menurutnya, Indonesia akan berjaya mendulang emas jika cabang ini digelar di event olahraga tingkat regional tersebut, terutama di ajang SEA Games.

Altet yang mukim di Jalan Padi Utara IV/ K.104 Genuk Indah ini sering ditemani oleh ibunya, Tisnaningsih saat berlatih di arena sepaturoda yang terletak di kompleks Stadion Jatidiri.

Road to SEA Games
Kini Ajeng mesti bersiap menuju ajang SEA Games, setelah baru saja tampil di Yeosu World Roller Speed Skating Championship di Kota Yeosu, Korsel, 29 Agustus dan 6 September lalu.

Target yang dibebankan cukup berat, sepuluh besar. Dengan persaingan yang superketat, Ajeng bisa bersaing meski tak meraih gelar. “Karena kejuaraan dunia, target awal memang meleset, karena didominasi Eropa dan Amerika,” katanya.

Usai Kejuaraan Dunia Yeosu, atlet Pelatnas akan dikirim ke trek Jakabaring, Palembang yang menjadi venue SEA Games. Tes event di Jakabaring rencananya akan dilakukan pada 14-15 Oktober mendatang. Selain itu, Ajeng juga akan mengikuti World Cup Marathon di Cina, akhir bulan ini.

Di SEA Games, tuan rumah Indonesia menargetkan bisa meraih enam emas. Salah satu nomor yang diandalkan ialah milik Ajeng, nomor seperti jarak pendek 500-1.000 meter (sprint), jarak menengah 5.000 meter, dan jarak jauh 10.000 meter. wiwig prayugi/dnr

BioAjeng
NAMA: Ajeng Anindya Prasalita
PANGGILAN: Ajeng
LAHIR: Semarang, 12 Juli 1990
ALAMAT: Jalan Padi Utara IV/K.104 Genuk Indah, Semarang
PENDIDIKAN: Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Undip
PEKERJAAN: PNS Dinpora Jateng
HOBI: Jalan-jalan
PRESTASI TERBAIK:
- 1 Emas PON XVI/2000 Surabaya
- 4 Emas Porprov XII/2005 Kota Semarang
- 1 Emas PON XVII di Kalimantan Timur 2008
- 4 Emas Porprov VIII/2009 Solo
- Peringkat VI Haining Skate Festival 2010
- Timnas SEA Games 2011
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Gagas - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger